UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR

 

SEJARAH SINGKAT PERGURUAN TINGGI

Sejarah berdirinya Universitas Putra Indonesia (UNPI), Unpi Cianjur Tahukah kamu sejarah berdirinya Universitas Putra Indonesia, alias UNPI Cianjur ? dan perlu kamu ketahui Universitas Putra Indonesia, alias UNPI Cianjur merupakan Universitas Pertama yang ada di Cianjur.

Berawal dari keinginan luhur Dr. K.R.Ay. Hj. S. Yuyun Moeslim Taher, SH untuk membangun sebuah sekolah yang baik di Cianjur sebagai kota kelahiran dia, dengan segala keterbatasan dibangunlah sebuah gedung kecil pada tahun 1987 yang awalnya berupa tempat kursus dan hanya mampu menampung beberapa orang saja. Karena harus berbadan hukum maka diberi nama Yayasan Pendidikan Putra Indonesia.

Pada masa awal pendirian Dr. K.R.Ay. Hj. S. Yuyun Moeslim Taher, SH. mengalami kesulitan pendanaan untuk mengembangkan sekolah ini. Dia harus menyisihkan sedikit demi sedikit sisa uang belanja hariannya untuk ditabung. Apabila cukup untuk menambah gedung, gedung pun dia tambah. Jika hanya cukup untuk membeli peralatan sekolah, peralatan sekolah dibeli.

Apabila belum mencukupi, pembelian dan perluasan gedung ditunda. Dikarenakan niat dia yang tulus, banyak pihak yang membantu. Banyak tenaga pengajar yang sukarela ingin ikut membangun YPPI. Bahkan tidak jarang mereka rela hanya diberi uang lelah seadanya.

Alhamdulillah, YPPI terus tumbuh. Mahasiswanya tambah banyak, dan terus dibuka fakultas baru. Sampai akhirnya, YPPI memenuhi syarat untuk berdiri sebagai Universitas. Berikutnya pada tanggal 26 September 2001 YPPI berganti nama menjadi UNPI yang merupakan Universitas pertama di Cianjur. Hingga akhirnya setelah Dr. K.R.Ay. Hj. S. Yuyun Moeslim Taher, SH. memiliki rejeki yang cukup, dana tersebut digunakan untuk membeli tanah baru dan mendirikan gedung baru. Hal tersebut dilakukan dia agar UNPI Cianjur menjadi tempat belajar yang nyaman dan modern bagi mahasiswa dan mahasiswinya.

Dengan mengucap syukur atas karuniaNya, juga dengan memanjatkan do'a kepada Allah SWT, Dr. K.R.Ay. Hj. S. Yuyun Moeslim Taher, SH. mengharapkan agar Universitas Putra Indonesia Cianjur (Unpi), Cianjur bisa terus tumbuh dan berkembang. Generasi berikutnya akan terus meneruskan UNPI Cianjur, dan membuatnya menjadi bagian penting bagi pertumbuhan kota Cianjur sendiri, dan Jawa Barat pada umumnya.

VISI, MISI DAN TUJUAN
UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI)

Visi Universitas Putra Indonesia

Visi Universitas Putra Indonesia (UNPI) Cianjur adalah menjadi lembagi pendidikan tinggi yang mempunyai komitmen terhadap kebenaran dan keunggulan di dalam penguasaan, pengenmbangan , kesenian seta menghasilkan lulusan yang beriman, cerdas dan berbudaya.

Misi Universitas Putra Indonesia
  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akdemik dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau memperkarya Khasanah Ilmu Pengetahuan, teknologi dan kesenian.
  2. Menjadi salah satu pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kepentingan bangsa dan negara secara regional maupun nasional
 Tujuan Universitas Putra Indonesia
  1. Dihasilkannya sumber daya manusia Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berbudaya, memiliki rasa tanggungjawab kemasyarakat dan kebangsaan, berdaya saing, serta memiliki pengetahuan dan kemampua akademik untuk diterapkan dan dikembangkan.
  2. Berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian melalui penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi.
  3. Terbuka dan berkembangnya bangsa yang mempunyai nilai-nilai luhurdan Universal
Sumber : Buku Panduan Akademik Universitas Putra Indonesia

Related Posts:

0 Response to "UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR"

Posting Komentar