Manfaat Ternak Sapi

Manfaat Ternak Sapi. Sudah sangat lama manusia ‘akrab’ dengan sapi. Diternakkan. Dimanfaatkan daging, susu, & tenaganya. Dagingnya dikonsumsi. Diolah, menjadi berbagai makanan. Susunya sebagai sumber protein menyehatkan, diminum. Tenaganya untuk bajak, atau pedati.
Semua bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan. Termasuk feses (e-ek) & urine atau pipisnya. Luar biasa sapi ini. Bahkan, orang Yahudi pernah menyembahnya (kisah di surah Al-Baqarah). Atau orang Hindu, India, menganggapnya binatang suci.
Kita ambil kulitnya, mulai sepatu, sabuk, dompet, tas, kursi atau kerupuk kulit, bisa memanfaatkan bagian ini. Dagingnya, baik dikonsumsi atau menjadi bahan olahan seperti bakso, abon, rendang. Tulangnya untuk tepung, campuran pakan sebagai sumber protein ternak ayam. Kulit kaki, menjadi hidangan istimewa di rumah makan padang, tunjang. Tulang belakang untuk sop buntut. Tulang rusuk, untuk iga bakar, atau penyet.
Dan kotorannya, diolah menjadi gas untuk kompor. Memasak di dapur, pengganti elpiji yang harganya naik mulu. Keluar gasnya, ampasnya menjadi pupuk kandang. Dan urine, juga sebagai pupuk cair. AllahuAkbar.
Daging Sapi
Tulisan & gambar berikut diambil dari beef easy & web lain.

Untuk memudahkan transaksi, ternyata, manusia telah memberi nama pada semua bagian tubuh sapi.

Nama bagian-bagian sapi adalah sebagai berikut :
1. Punuk/blade      : empal, semur, sop, kari, abon & rendang.
2. Paha depan/chuck : empal, semur, sop, kari, abon & rendang.
3. Lemusir/cub roll    : bistik, sate, rendang, empal, sukiyaki.
4. Has luar/sirloin       : bistik, roll.
5. Has dalam/fillet       : grill, steak, sate, sukiyaki.
6. Penutup + tanjung/Top side + Rump  : bistik, empal, rendang, dendeng, baso, abon.
7. Pendasar + Gandik/Silver side   : bistik, rendang, empal, dendeng, baso
8. Daging Kelapa/Inside    :  kornet, sate, daging giling, sop, rawon.
9. Sengkel/Shank                  : semur, sop, rawon, empal.
10. Samcan/Flank                : kornet, sate, daging giling, sop, rawon.
11. Daging iga/Ribmeat      : kornet, roll, rawon, sop, roast.
12. Sandung lamur/Brisket: kornet, roll, rawon, sop, roast.
Nama-nama Jeroan Sapi


1. Lidah
Lidah termasuk jeroan. Bagian ini adalah paling istimewa di Bandung,  harganya mencapai 100rb/kg. Jauh di atas daging ‘istimewa standar’. Sebagai hidangan hajatan pernikahan, disemur. Enak sekali. Favorit.
2. Hati
Hati adalah organ yang bertugas antara lain, memproduksi darah & menyerap racun tubuh. Hati bisa dimasak sambal goreng.
3. Jantung
Jantung semasa sapi hidup, tugasnya memompa darah. Jantung berserabut, kecil, lembut & berwarna merah. Bisa dimasak sambal goreng. Atau digoreng saja.
4. Ginjal
Ginjal sapi berwarna merah tua. Dulunya, berfungsi mencuci darah. Ginjal sapi muda lembut & aromanya kas. Sedang yang tua, lebih keras. Pahit & baunya amis menyengat.
5. Babat
Babat adalah salah 1 perut sapi. Ada yang memanggilnya ‘handuk’. Permukaan daging, persis handuk, memang. Babat segar berwarna putih kelabu atau krem kehijauan. Di pasaran banyak ditemui, babat berwarna putih bersih. Kemungkinan, warna itu dari bleaching atau zat pemutih. Bila benar, ini sangat berbahaya bagi hati kita. Warung sunda, banyak menyajikan babat ini, yang diolah menjadi lunak, mudah dikunyah. Enak, tentu.
6. Usus
Usus adalah bagian organ sistem pencernaan. Terdiri atas 2 bagian: usus kecil & besar. Berwarna merah kecoklatan. Usus mudah rusak & terkontaminasi. Untuk itu, segera dibersihkan kira-kira 4 jam setelah disembelih. Kalau sudah bau, usus tidak layak dikonsumsi. Di pasaran ada pedagang nakal, yang mencampurkan zat kimia berbahaya, untuk membuang bau itu. Perhatikan warna & baunya, jangan terkecoh harga murah. Berbahaya.
7. Otak
Otak juga jerohan yang digemari. Di warung padang, dimasak opor kuning. Atau digoreng dengan dilapisi telur. Teksturnya lembut putih keabu-abuan.
8. Paru
Paru adalah jeroan sapi, yang juga digemari. Warung sunda, atau padang, paru digoreng tidak terlalu kering, dengan bumbu yang pas, rasanya gurih & tidak keras.
9. Limpa
10. Otot Kaki/Tulang Lunak
Otot kaki bukan jeroan, tapi termasuk ‘jeroan’. Dimasak di warung sop jakarta, menjadi sop kaki dan tulang lunak, menjadi sajian enak, & mahal.
11. Ekor & Tulang Belakang
‘Jeroan’ yang di luar ini, dimasak sop buntut. Sedap man.
(Disusun Dari berbagai sumber: beef made easy; web)

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Ternak Sapi"

Posting Komentar